Elvi Dicecar 60 Pertanyaan

Posted: April 15, 2011 in Berita

– Rudy mangkir pemeriksaan  

BANJARMASIN-Pengusutan dugaan korupsi di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) kota Banjarmasin, terus dilakukan unit Tipikor Satreskrim Polresta Banjarmasin. Senin (28/2), penyidik memanggil dua tersangka kasus yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 77.688.639 tersebut.

Sayangnya dari dua pejabat yang sudah resmi menyandang status tersangka, hanya satu yang memenuhi panggilan penyidik. Yakni pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK), Hj Elvi Herlestari. Sedangkan mantan kuasa pengguna anggaran (KPA), Rudy Ichwansyah mangkir dengan alasan sakit.

Mangkir Rudy yang kini bertugas di lingkungan BKBPMP itu, diketahui salah seorang penasehat hukumnya, Salahudin sekitar pukul 10.00 Wita mendatangi ruang reskrim. Dia membawa surat dari dokter yang menyebutkan kliennya sedang sakit.

“Saya mengantar surat dokter, pak Rudy tidak bisa memenuhi panggilan penyidik karena sakit,” ujar Salahudin.

Sedangkan Elvi, menjalani pemeriksaan di ruang unit Tipikor sejak pukul 09.30 Wita. Perempuan berkacamata yang mengenakan kemeja putih di padu rok panjang motif songket, menjalani pemeriksaan secara intensif.

Dia yang didampingi penasehat hukumnya, Silvia Sari Dewi dari LKBH Unlam diperiksa petugas secara tertutup. Dengan raut wajah yang nampak tegang, beberapa kali Elvi nampak keluar ruangan untuk menerima telfon seseorang.

Hingga pukul 18.30 Wita, pegawai Disdik kota Banjarmasin itu tak kunjung keluar ruang pemeriksaan. Informasi yang berhasil dihimpun BPost, Elvi dicecar petugas dengan 60 pertanyaan seputar proses pengadaan NISN yang menggunakan anggaran perubahan tahun 2008 tersebut.

Bahkan sebelum membubuhkan tanda tangan hasil pemeriksaan, tersangka sempat diberi waktu untuk membaca hasil penyidikan petugas. Tak ayal, membutuhkan waktu yang cukup lama hingga rampungnya penyidikan perdana kasus tersebut.

Selain itu, salah seorang penyidik sempat meninggalkan ruangan untuk menemui Kasatreskrim Kompol Suhasto. Informasinya, mantan Kasatreskrim Polres Kotabaru itu meminta kepada penyidik agar menambahkan sejumlah pertanyaan.

Termasuk sempat beredar kabar, bahwa Elvi bakal langsung ditahan di rumah tahanan (Rutan) Mapolresta Banjarmasin. Ternyata kabar tersebut langsung ditepis Suhasto, dengan alasan yang bersangkutan masih kooperatif.

“Kalau sekarang belum ditahan, karena yang bersangkutan kooperatif saja. Buktinya dipanggil langsung datang,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemeriksaan masih terus dilakukan beberapa kali lagi. Karena hasil penyidikan yang dilakukan jajarannya akan dievaluasi, dan jika masih ada yang kurang bakal dipanggil lagi untuk pemeriksaan tambahan.

Begitu juga soal mangkirnya Rudy Ichwansyah. Dia berharap, begitu kondisi kesehatannya membaik agar segera mendatangi petugas untuk menjalani pemeriksaan.

“Sebelum dijemput paksa, kami berharap agar yang bersangkutan kooperatif,” pintanya.

 Rudy Mangkir

MANGKIRNYA salah satu tersangka kasus dugaan korupsi Disdik, Rudy Ichwansyah setelah penasehat hukumnya, Salahudin mendatangi ruang reskrim Polresta Banjarmasin sambil membawa surat dari dokter, kalau klienya sedang sakit.

Sesuai jadwal, kedua pejabat yang resmi menyandang status tersangka menjalani pemeriksaan. Keduanya menjalani pemeriksaan perdana setelah ditetapkan sebagai tersangka, setelah penyidik menerima hasil audit dari BPKP terkait adanya kerugian negara yang ditimbulkan dari proyek pengadaan NISN yang nilainya sebesar Rp 191.30.000 tersebut.

“Ya mau bagaimana lagi, pak Rudy maish sakit. Mau tidak mau harus menunggu sampai yang bersangktan sehat,” cetus Salahudin.

Petugas berharap agar yang bersangkutan bisa segera menjalani penyidikan. Meskipun secara khusus tidak memberikan batas waktu, namun akan mengecek bahkan memanggil paksa jika yang bersangkutan tidak segera memenuhi panggilan.

“Seperti biasa, kami harapkan dalam minggu ini bisa dimintai keterangan. Semakin cepat kan lebih baik,” ujar Suhasto.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s