Gelapkan Olie Perusahaan

Posted: April 15, 2011 in Berita

– Untuk biaya berobat orangtua

BANJARMASIN-Rozani alias Zani (29), sudah kehabisan cara untuk mencarikan biaya berobat orangtuanya sehingga dia nekad menggelapkan ratusan botol olie milik perusahaan PT Cahaya Eva Gemilang, tempat dia mengais rezeki.

Sayangnya, upaya tersebut diketahui pemilik perusahaan dan akhirnya melaporkan kasus itu ke unit ekonomi Satreskrim Polresta Banjarmasin.

Kamis (10/2) pukul 16.00 Wita, dia berhasil ditangkap petugas reskrim di rumahnya di Jalan RE Martadinta RT42 RW12 kelurahan telawang Banjarmasin Barat.

Selain berhasil menangkap tersangka, petugas juga menyita puluhan botol olie di rumahnya.Diduga olie tersebut merupakan sisa-sisa dari yang digelapkan tersebut.

Dalam pengakuannya, dia nekad menggelapkan olie milik perusahaan dengan cara membuat membuat order fiktif sebanyak 400 kali. Olie yang berhasil keluar dari perusahaan tersebut, dijual bebas ke pasaran maupun kios-kos.

Padahal, barang tersebut seharusnya dikirim ke otlet-otlet sesuai pesanan dalam order barang tersebut. Bahkan uang hasil penjualan tersebut tidak disetor, hingga perusahaan mengalami kerugian mencapai Rp 160 juta lebih.

“Pikir saya, dengan menjual ke pasaran itu hasilnya lebih cepat. Karen mereka membayar dengan uang tunai, tidak tahunya malah uang tergunakan hingga jumlahnya banyak,” ujar.  Saking ingin cepat lakunya barang tersebut, Zani rela menjual lebih murah dibandingkan harga aslinya. Kalau harga olie tersebut dibandrol Rp 26 ribu per botol, dia menjualnya dengan harga Rp 13 ribu per botol.

“Kasihan orangtua tidak ada biaya lagi untuk berobat. Makanya hutang kami sampai menumpuk, karena kami jual murah,” terangnya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polresta Banjarmasin Kompol Suhasto Sik melalui Kanit ekonomi Aiptu Sisworo mengatakan, tersangka ditangkap atas laporan pihak perusahaan. Saat ini mendekam di Rutan Mapolresta untuk menunggu proses hukum.

“Dia mengakui kalau melakukan penggelapan tersebut, katanya untuk biaya berobat,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pihaknya maish terus mendalami keterangan tersangka untuk mengetahui pihak-pihak yang terlibat dalam aksi tersebut.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s