Hadirkan Saksi dari Kepolisian

Posted: April 15, 2011 in Berita

– Sidang rampok kembali digelar

BANJARMASIN-Sidang kasus perampokan sebesar Rp 1,5 Miliar yang menggegerekan warga kelurahan Mawar, Selasa (8/2) sore kembali digelar di Pengadilan Negeri Banjarmasin setelah beberapa kali persidangan mengalami penundaan.

Sidang yang dipimpin ketua majelis hakim Suswanto itu, dengan agenda mendengarkan keterangan saksi. Jaksa penuntut umum (JPU), Aslah Faroki dan Agus menghadirkan dua saksi dari Kepolisian Polsekta Banjarmasin Tengah.

Sedangkan tiga terdakwa dalam kasus yang sempat menghebohkan kota seribu sungai itu, Roni Jawa, Ismail dan Heriansyah terlihat serius mendengarkan keterangan kedua saksi yang disampaikan secara bergantian tersebut.

Dalam keterangannya, kedua petugas menangkap ketiga terdakwa yang diduga kuat sebagai pelaku perampokan yang membawa kabur uang senilai Rp 1,5 Miliar tersebut.

“Kami memang yang menangkap ketiga orang itu, karena berdasarkan keterangan korban mengarah kepada mereka,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, yang pertama kali ditangkap adalah Roni Jawa. Kemudian dari pengakuan tersebut, berhasil meringkus kedua rekannya yang sama-sama diduga terlibat dalam aksi tersebut.

Meskipun keterangan tersebut sempat mendapat bantahan dari ketiga terdakwa. Lantaran sidang hanya beragendakan mendengarkan keterangan petugas Kepolisian, sehingga majelis hakim memberikan pembatasan sanggahan tersebut.

Sejak awal kasus tersebut nampak rumit. Penyidik dari Polsekta Banjarmasin Tengah, harus berjuang keras melengkapi berkas penyidikan yang beberapa kali dikembalikan Kejaksaan lantaran dianggap belum lengkap.

Karena, salah seorang pelaku yang disebut-sebut sebagai kunci kejahatan bernama Haji Agun belum berhasil ditangkap. Bahkan senjata api yang digunakan menodong korban, diduga disediakan yang bersangkutan. Termasuk uang haisl kejahatan tersebut.

Namun setelah melakukan rekonstruksi pada 28 Oktober lalu, berkas tersebut akhirnya dikabulkan Kejaksaan. Ketiga tersangka yang sudah beberapa bulan endekam di Tahanan Mapolsekta Banjarmasin Tengah bisa dilimpahkan.

Selama persidangan mendapatkan pengawasan ketat dari petugas Kepolisian maupun jajaran Intelkam. Kemudian, sidang bakal dilanjutkan minggu depan dengan agenda masih mendengarkan keterangan korban kejahaan tersebut.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s