Hanya Divonis Teguran Tertulis

Posted: April 23, 2011 in Berita

   – Wakasat reskrim jalani sidang disiplin

BANJARMASIN-Setelah sempat mengalami beberapa kali penundaan, akhirnya sidang disiplin yang mendudukan Wakasat reskrim Polresta Banjarmasin, AKP Afner Juwono SH Sik kembali digelar di Aula Mapolresta lantai II Banjarmasin, Kamis (10/2) siang.

Selain mendudukan Afner Juwono yang sebentar lagi bertugas di Dit reskrim Polda Kalsel, sidang disiplin yang dipimpin langsung Wakapolresta Banjarmasin, AKBP Yoga Pranata itu juga dihadiri pihak pelapor, Baco bin Halil warga kabupaten Kotabaru.

Afner Juwono yang saat itu menjabat Kasat reskrim Polres Kotabaru, dilaporkan Baco ke Propam lantaran diduga memperlambat proses pengaduan penganiayaan dirinya meskipun berkas perkara tersebut berhasil dinyatakan lengkap alias P21.

Baco nekad melaporkan tersebut, lantaran dirinya dianiaya Kapolsek Sungai Durian, Iptu Juwanto di halaman Mapolsek. Namun, proses tersebut mengalami keterlambatan sekitar 5 bulan.

Dalam sidang tersebut, majelis hakim sidang disilin menjatuhkan vonis terguran tertulis saja. Vonis tersebut, jauh lebih ringan dibandingkan tuntutan yang dibacakan Kasi Propam, AKP Sudirman yang menuntut penundaan kenaikan pangkat, penundaan pendidikan hingga dimasukan sel khusus selama 14 hari.

“Majelis hakim yang menyidangkan perkara ini menjatuhkan vonis teguran tertulis kepada terlapor,” kata Yoga sambil mengetukan palu sidang.

Mendengar vonis tersebut, Afner Juwono yang mengenakan kemeja warna putih lengan panjang langsung menerima. Meskipun saat pemeriksaan, dirinya membantah memperlambat dakwaan dan tuntutan Kasi Propam.

Menurutnya, apa yang dilakukan sudah sesuai dengan prosedur penyidikan. Adanya keterlambatan itu karena bersamaan dengan meninggalnya Kapolres Kotabaru, AKBP Hersom Bagus Pribadi.

“Saat itu pak Kapolres meninggal secara mendadak. Semua pejabat Polres bingung dan konsentrasi tentang itu, sehingga sebagian tugas sedikit terbengkelai. Karena harus menunggu adanya penunjukan pimpinan,” ujar Afner.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s