Hasil Penggelapan Untuk Beli Perabot

Posted: April 23, 2011 in Berita

– Jual kendaraan teman 6 buah

BANJARMASIN-Pelarian Haris Rosa (29), untuk menghindari kejaran petugas berakhir. Warga Kelayan A Gang 12 Banjarmasin itu, berhasil dibekuk jajaran unit Ranmor Satreskrim Polresta Banjarmasin saat sembunyi di Pahandut Palangkaraya, Rabu (9/2) dinihari.

Tersangka yang menjadi buron petugas lantaran menggelapkan enam buah kendaraan roda itu, berhasil ditangkap saat tidur di rumah familinya. Bahkan niat dia melarikan diri dengan melincat jendela pun kandas, karena rumah tersebut sudah dikepung petugas.

Setelah berhasil diamankan, tersangka langsung dibawa ke Mapolresta Banjarmasin untuk dimintai keterangan terkait kejahatannya yang dilakukan sejak pertengahan 2010 lalu.

Dalam pengakuannya, aksi itu sengaja dilakukan lantaran untuk membahagiakan istrinya dengan membelikan perlengkapan rumah tangga. Seperti kursi, meja maupun tempat tidur. Apalagi saat itu, dirinya baru saja melakukan pernikahan.

“Namanya suami kan ingin mencukupi keperluan rumah tangga biar istri bahagia,” ujarnya.

Modus kejahatan yang dilakukannya dengan berpura-pura meminjam kendaraan temannya. Kemudian kendaraan tersebut, langsung dijual kepada seseorang dengan harga berkisar Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta setiap unitnya.

Teman-temannya tidak menyangka jika kendaraan tersebut bakal dijualnya. Karena, yang mejadi sasaran aksinya itu adalah teman akrabnya yang sudah lama dikenalnya dengan baik.

“Mungkin mereka tidak mengira, karena kami akrab sekali. Pas pinjam, STNK nya juag diserahkan,” tandasnya.

Aksinya itu juga diketahui istrinya. Bahkan sebelum melarikan diri ke Palangkaraya, dirinya sempat dinasehati istrinya agar berhenti melakukan kejahatan tersebut.

Sementara itu, Kasat reskrim Polresta Banjarmasin Kompol Suhasto melalui Kanit ranmor Ipda Agus Sugianto mengatakan, pengejaran itu dilakukan jajarannya cukup lama. Lantaran pindah tempat tinggal, pihaknya mengalami kesulitan untuk melakukan pelacakan.

“Ada informasi kalau tersangka pindah tempat tinggal di Palangkaraya. Petugas yang mendatangi lokasi langsung mengepung untuk menangkapnya,” katanya.

Berdasarkan laporan warga yang masuk di Mapolresta Banjarmasin, ada enam korban yang kehilangan kendaraan dengan pelaku yang sama. Bahkan modusnya pun sama, yakni dipinjam tersangka antara kurun watu September hingga Desember 2010.

Sedangkan jenis kendaraan yang digelapkan tersebut, diantaranya Honda Supra 125, Yamaha Jupiter dan Suzuki Satria F di wilayah Gatot Subroto, Kelayan.

Tersangka dijerat dengan pasal 372 dan 378 kitab undang hukum pidana dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. Karena diduga secara sah melakukan penggelapan.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s