Komplotan Bocah Pencuri Kendaraan

Posted: April 23, 2011 in Berita

– Hasilnya dibagi rata untuk uang jajan 

BANJARMASIN-Meski masih berusia belia, Asbi (17) tergolong nekad. Bersama temannya bernama Bojes (15) nekad mencuri kendaraan jenis Kharisma bernopol DA 5044 NO yang parkir di kantor CV Cantung di Jalan Pramuka kompleks DPRD, Senin (24/1) pukul22.00 Wita.

Namun belum sempat menikmati hasil kejahatan tersebut, kedua bocah tersebut berhasil ditangkap jajaran unit Ranmor Satreskrim Polresta Banjarmasin, Selasa (8/2). Asbi ditangkap saat melintas di Jalan Veteran dan Bojes, dijemput di rumahnya di Jalan Pramuka.

Dari pengakuan kedua bocah tersebut, dengan cepat petugas berhasil meringkus tiga gerombolannya. Yakni Kaspuani (16) warga Jalan Pahlawan, Abdul Fajar (17) warga Jalan Veteran dan Faisal Fadli (15) warga Cempaka Putih.

Dari pengakuan kelima bocah yang masih tergolong di bawah umur itu, kendaraan hasil curian tersebut hendak dijual dan hasilnya dibagi rata untuk tambahan uang jajan.

Apalagi tiga diantara mereka masih tercatat sebagai siswa di salah satu SMA swasta di Banjarmasin. Sehingga sangat memerlukan uang, untuk mencukupi keperluan sehari-hari.

“Rencananya kami jual dan uangnya dibagi rata. Tapi sebelum sempat dijual sudah ditangkap,” ujar Asbi.

Sedangkan yang memiliki ide jahat tersebut adalah dirinya dengan Bojes. Termasuk yang mengambil kendaraan yang parkir di halaman kantor tersebut.  Setelah berhasil membawa keluar kendaraan itu, tiga rekannya yang sudah menunggu di luar pagar langsung membantu mendorong hingga jauh dan dinyatakan aman.

“Yang mengambil saya dengan Bojes. Tapi yang tiga itu membantu mendorongnya,” terangnya.

Saat ditangkap, kendaraan warna merah tersebut sedang digunakan Asbi melintas di Jalan Veteran yang berpapasan dengan petugas yang sudah lama melakukan pencarian.

Setelah diberhentikan dan dilakukan pengecekan ternyata benar, kendaraan tersebut merupakan curian. Kemudian, dia langsung diamankan ke Mapolresta Banjarmasin untuk dimintai keterangan.

Dari keterangan tersebut, petugas yang dipimpin Ipda Agus Sugianto berhasil menangkap empat kawanan lain di rumah dan di tempat mereka nongkrong.

Kasat reskrim Polresta Banjarmasin, Kompol Suhasto Sik melalui Kanit Ranmor Ipda Agus Sugianto mengatakan, penangkapan tersebut berdasark lidik jajarannya setelah mendapatan laporan kehilangan kendaraan tersebut.

Berdasarkan ciri-ciri pelaku, petugas berhasil mengamankan salah seorang tersangka yang sedang menggunakan kendaraan hasil curian tersebut melintas di jalan raya.

“Saat berpapasan itu langsung kami amankan dan setelah diperiksa tenryata benar, kendaraan yang digunakan tersebut diduga hasil pencurian,” terangnya.

Kelima bocah tersebut dijerat dengan pasal 363 kitab undang hukum pidana (KUHP) dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. Karena, mereka melakukan kejahatan saat malam hari dan melompati pagar kantor tersebut untuk bisa membawa kabur kendaraan.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s