Lambung Mangkurat Kawasan Tertib Lalulintas

Posted: April 23, 2011 in Berita

  – Pencanangan KTL

BANJARMASIN – Perubahan jalur satu arah yang sebentar lagi terealisasi, kini jajaran pendidikan dan rekasaya lalulintas (Dhiyaksa) Sat Lantas Polresta Banjarmasin kembali mencanangkan kawasan tertib lalulintas (KTL), Rabu (2/2) pagi.

Kawasan yang menjadi sasaran KTL adalah sepanjang Jalan Lambung Mangkurat mulai dari depan Hotel Viktoria hingga Jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin, depan SPBU Sabilal Muhtadin. Sepanjang jalan sekitar 1,5 kilometer itu, para pengendara wajib mentaati tata tertib lalulintas secara total.

Selain membawa dokumen kendaraan baik SIM dan STNK, kendaraan yang melintas di kawasan tersebut harus lengkap. Seperti menggunakan spio dua buah, lampu dinyalakan dan menggunakan helm standar serta dikancingkan.

Pencanangan kawasan tertib lalulintas yang dipimpin langsung Kanit Dhyaksa, Ipda Stefani Ivon itu menyita perhatian pengendara. Puluhan anggota Lantas dan Dishub kota Banjarmasin yang berjaga di jalan, membuat gugup sejumlah pengendara yang tidak melengkapi persyaratan berkendara.

Di satu-satunya kawasan KTL di Banjarmasin ini, polisi kemarin juga langsung menggelar operasi. Beberapa pengendara langsung dijatuhi sanksi tilang, lantaran hanya menggunaka satu spion. Bahkan saat disuruh petugas menunjukan SIM dan STNK, yang bersangkutan tidak membawa.

Selain itu, sejumlah pengendara sempat diberhentikan paksa lantaran tali helm standart yang digunakan tidak dikancingkan. Setelah diberitahu, langsung disuruh melanjutkan perjalanan lagi.

“Pikir saya kena tilang, tidak tahunya hanya disuruh mengancingkan tali helm saja. Padahal sudah bikin deg-degan,” cetus Erni, salah seorang pengendara.

Kawasan tersebut bakal menjadi contoh tertibnya berlalulintas, mengingat sepanjang jalan tersebut merupakan jantung kota seribu sungai ini. Apalagi, di kawasan tersebut banyak kantor-kantor penting seperti perbankan dan pusat pemerintahan.

“Jalan ini kan jantung kotanya Banjarmasin, secara otomatis menjadipusat perhatian semua orang utamanya para tamu-tamu dari daerah lain. Dengan ketertiban yang tercipta di kawasan ini diharapkan bisa menjadi contoh untuk kawasan lain,” ujar Stefani.

Apalagi, imbuh dia, di kota Banjarmasin belum memiliki kawasan tertib lalulintas secara khusus. Padahal keberadaan KTL tersebut secara tidak langsung menjadi icon ketertiban dan ketaatan masyarakatnya terhadap sebuah peraturan.

Untuk mengingatkan para pengendara, petugas memasang papan pengumuman bertuliskan kawasan tertib lalulintas. Termasuk sejumlah anggota Dishub yang berjaga di pos Jalan Lambung Mangkurat, juga bakal melakukan penertiban bagi pengendara yang melanggar.

“Satu Arah Saja”

TANGGAPAN masyarakat beragam terkait pemberlakuan kawasan tetrib lalulintas. Menurutnya, hal itu sangat baik mengingat banyak warga yang melintas di jalan tersebut baik pegawai maupun pegadang.

“Bagus saja, biar tertib semua. Karena selama ini ada juga yang tidak mau pakai helm dengan alasan mau ke pasar karena jaraknya dekat dari rumahnya,” cetus salah seorang warga bernama Aminudin.

Bahkan ada warga yang berharap kawasan itu satu arah. Hal itu untuk mengurangi kemacetan, lantaran banyak lalulalang truk pengangkut barang yang parkir maupun melintas di kawasan tersebut.

Karena jalan itu menghubungkanantara pelabuhan lama dengan pasar, yang menjadi pusat perbelanjaan warga. Kemudian, di jalan tersebut juga banyak tumbuh rumah toko (Ruko) yang menjual aneka perlengkapan mulai mesin hingga mainan.

“Biar seperti kota lain kalau menuju kantor pemerintah itu pasti satu arah,” cetus salah seorang warga.

Persyaratan Melintas

– Membawa SIM dan STNK.

– Lampu kendaraan harus menyala.

– Spion kendaraan harus dua biji.

– Menggunakan helm standart.

– Tali helm harus dikancingkan (klik).

– Tidak boleh menggunakan handphone saat berkendara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s