Oknum TNI Jalani Sidang di Pengadilan Militer

Posted: April 23, 2011 in Berita

– Menghisap Sabu Sebelum Menagih Hutang Rp 2,8 Miliar

BANJARMASIN-Suasana tegang mewarnai jalannya sidang di Pengadilan Militer Banjarmasin, yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Rabu (23/2) siang.

Sidang perdana kasus pesta sabu yang melibatkan dua oknum TNI AD dan TNI AU itu, menyedot perhatian. Karena empat saksi yang dihadirkan dalam sidang tersebut, merupakan warga sipil yang saat ini masih menunggu proses hukum di rumah tahanan Mapolresta Banjarmasin.

Kopda Alfian, yang pertama menjalani pesidangan. Anggota batalyon 623 BWU Martapura itu duduk di kursi pesakitan. Dia nampak tegang ketia dicecar puluhan pertanyaan oleh majelis hakim, Mayor CHK Suyanto.

Ketegangan kembali mewarnai sidang tersebut, saat salah seorang saksi dalam kasus tersebut Sertu Bambang dihadirkan ouditur militer, Mayor CHK HDN Tampubolon.

Sertu Bambang turut diamankan petugas, saat Sat Narkoba Polresta Banjarmasin yang menggerebek sebuah rumah di Cempaka 8 November lalu ada di rumah tersebut.

Dalam pengakuannya, Kopda Alfian sempat menghisap sabu tersebut sebanyak 4 smapai 5 kali. Begitu juga dengan dirinya, juga melakukan hal yang sama. Kehadiran dirinya ke tempat tersebut, ingin menyelidiki adanya dugaan oknum TNI AU yang biasa pesta sabu.

Sayangnya, pengakuan tersebut dimentahkan saksi lain, Haji Rustam. Menurutnya, kedua oknum TNI tersebut datang ke rumah tersebut, lantaran dirinya minta bantuan agar menemani saat menagih hutang Rp 2,8 Miliar dalam bisnis batu bara.

“Pikir kami sebelum menagih menghisap sabu dulu, tidak tahunya malah keburu digerebek Polisi,” terangnya.

Selain haji Rustam, yang dihadirkan ouditur militer dalam sidang tersebut tiga orang yang saat penggerebekan ada dalam rumah tersebut. Yakni Syarif Hidayat, Syahrial, Syafriansyah dan dua anggota Polisi.

Sekedar mengingat, saat dilakukan penggerebekan 8 November 2010 lalu di sebuah rumah beralamat di Jalan Cempaka Raya II, jajaran Sat Narkoba Polresta Banjarmasin berhasil mengamankan enam orang, dua diantaranya anggota TNI.

Diduga mereka sedang menggelar pesta narkoba. Karena saat digerebek, ada peralatan hisap di tengah mereka yang sedang duduk bersila. Termasuk beberapa botol anggur dan buah.

Saat petugas melakukan penggeledahan, menemukan 92 butir ineks dan 4 gram sabu di ruang tamu tersebut. Kemudian mereka diamankan ke Mapolresta Banjarmasin dan hingga kini masih mendekam di balik jeruji besi Rutan Polresta.

Begitu juga dengan Kopda Alfian dan Sertu Bambang. Keduanya juga masih menjalani penahanan di kesatuannya, sambil menunggu proses sidang militer.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s