Sertijab Dua Perwira Menengah Tertunda

Posted: June 3, 2011 in Berita

– Hanya sertijab Kasat dan Kapolsek

BANJARMASIN-Gerbong mutasi perwira menengah di lingkungan Polresta Banjarmasin digelar. Acara serah terima jabatan (Sertijab) yang digelar di Aula lantai II Mapolresta Banjarmasin, Jumat (18/2) siang itu hanya memutasi dua perwira saja. Yakni untuk jabatan Kasat lantas dan Kapolsekta Banjarmasin.

Sejak awal, sesuai TR Kapolda Kalsel akhir Januari lalu, rencana Sertijab tersebut bakal diikuti empat perwira. Selain dua jabatan tersebut, ditambah Kabag Operasional dan Kasat Shabara yang juga bakal menempati posisi baru di lingkungan Polda dan Brimobda.

Tertundanya Sertijab dua jabatan tersebut, memunculkan rumor tak sedap. Mengingat beberapa hari terakhir ini, mencuat kabar ‘hilangnya’ sepucuk senjata laras panjang jenis V-2 di gudang penyimpanan senjata di Shabara.

  Namun hal itu langsung ditampik Hilman. Saat ditemui usai memimpin Sertijab tersebut, dia mengatakan tertundanya Sertijab dua perwira itu lebih disebabkan karena masih menyelesaikan administrasi kedinasan saja.

Lebih lanjut dia menjelaskan, personil sebelum menempati posisi baru harus menyelesaikan seluruh persyaratan administrasi. Begitu juga akan dilakukan pengecekan lebih lanjut.

“Tidak ada kaitannya dengan hilangnya senjata. Hanya pengecekan administrasi saja yang belum selesai, termasuk sampai sekrang juga belum menghadap,” terangnya.

Sedangkan yang sudah dinyatakan lengkap administrasinya hanya dua perwira tersebut. Sehingga dirinya hanya melantik dan mengukuhkan dua pejabat itu saja.

“Kalau yang dua pejabat itu sudah selesai, ya akan kita lantik,” tandas Hilman.

Sesuai dengan telegram rahasia (TR) bernomor STR/121/I/2011 tertanggal 31 Januari 2011 yang ditandatangni Kapolda Kalsel, Brigjen Pol Syafruddin, ada empat perwira menengah di lingkungan Polresta Banjarmasin yang bakal geser jabatan.

Diantaranya, Kabag Operasional Kompol Prihartono. Orang nomor tiga di Polresta itu bakal menempati posisi baru sebagai Kasi Prasja Subdit Dhyaksa Dit Lantas Polda Kalsel. Posisi yang bakal ditinggalkan Prihartono tersebut, bakal diisi Kompol Wahid Kurniawan Sik yang sebelumnya menjabat Kabag Ops Polres Tapi.

Selain itu, posisi Kasat Shabara Kompol Agustiawan, bakal kembali ke kesatuannya sebagai Wakaden Gegana Brimobda Kalsel. Jabatan yang ditinggalkannya bakal diisi AKP Rizali, yang sebelumnya menjabat Bidkum Polda Kalsel. Sayangnya dua perwira tersebut, kemarin batal menjalani proses Sertijab.

Kemudian Kapolsekta Banjarmasin Timur, AKP Dodi Toto Subiantoro bakal menjabat Kasat reskrim Polres Barabai dan digantikan Kompol Andri Koko Prabowo Sik yang sebelumnya menjabat Kanit I Sat reskrim Polda.

Selanjutnya, Kasat lantas Kompol I Kade Utama Sik, bakal menempati posisi baru sebagai Kasi SIM di Dit Lantas Polda Kalsel. Jabatan yang ditinggalkan, diisi AKP Moerdilly Safirianto Sik yang sebelumnya sebagai Kasat lantas Polres Tanahbumbu.

 Masih Kurang

Terpisah, Kabag sumber daya manusia (Sumda) Kompol Agus Wahyudi mengatakan, saat ini Polresta Banjarmasin mengalami kekurangan personil untuk tingkat perwira sebanyak 120 personil yang dibagi di lima Polsekta dan satu KP3.

Apalagi adanya kebijakan Kapolri yang baru terkait penambahan formasi jabatan di lingkungan Polsekta. Tak heran, ada sejumlah polsek yang anggotanya merangkap tugas untuk memenuhi tuntutan formasi baru tersebut.

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Banjarmasin, Kompol Prihartono di sela-sela kesibukannya saat disinggung soal mutasi hanya tersenyum. Bahkan dia tertawa lepas sambil menyusuri lorong yang menghubungkan ke ruang kerjanya di lantai II tersebut.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s